Friday, September 26, 2014

10 Objek Wisata Terbaik di India

1. Taj Mahal
Banyak orang akan protes jika Taj Mahal tidak menempati urutan pertama dalam daftar tempat wisata terbaik di India. Anggota dari 7 keajaiban dunia yang lama ini tidak hanya populer karena bentuk bangunannya yang megah dan desainnya yang indah, tetapi juga karena sejarah pembangunannya yang romantis. Bangunan yang kental dengan gaya arsitektur Persia dan India tersebut dibangun oleh Maharaja Shah Jahan dari kerajaan Mughal untuk memperingati kematian istri yang begitu dicintainya, Mumtaz Mahal. Dari nama sang istri itulah, nama Taj Mahal berasal. Taj Mahal berlokasi di kawasan Agra, Uttar Pradesh, India.

2. Harmandir Sahib
Mungkin banyak yang kurang familiar dengan nama Harmandir Sahib. Tapi, itulah nama resmi untuk Kuil Emas Amritsar yang begitu populer di kalangan wisatawan di India. Harmandir Sahib merupakan tempat suci bagi agama Sikh yang dibangun pada abad ke-16 oleh sikh guru ke-5, Guru Arjan. Kuil ini kerap disebut sebagai Golden Temple (Kuil Emas) karena bagian luar dan atasnya dilapisi dengan emas. Terletak di tepi sungai suci yang dikenal dengan nama Sarovar, Harmandir Sahib memantulkan bayangan keemasan yang cantik, terutama di malam hari. Setiap pengunjung yang datang ke Harmandir Sahib harus menjaga kesucian tempat dengan melepas alas kaki, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi daging dan minuman berlakohol di sekitar kuil.
Harmandir Sahib
Harmandir Sahib

3. Benteng Amber
Benteng Amber yang terletak di kota Amer merupakan salah satu tujuan wisata utama di wilayah Jaipur, India. Objek wisata ini berupa benteng yang mengelilingi sebuah istana megah dengan gaya arsitektur khas India. Karena itulah Benteng Amber juga dikenal dengan sebutan Istana Amber. Benteng yang dikelilingi oleh sungai dan pepohonan hijau ini dulunya merupakan kediaman dari Maharaja Rajput dan keluarganya. Kini, Benteng Amber menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di India yang dikunjungi oleh sekitar 5.000 wisatawan setiap harinya.

4. Benteng Mehrangarh
Setelah Jaipur, kita beralih ke Jodhpur. Di kawasan ini, terdapat benteng fenomenal lainnya yang dikenal dengan nama Benteng Mehrangarh. Terletak di atas bukit dengan ketinggian 122 meter di atas perkotaan di bawahnya, Benteng Mehrangarh tampak mencolok dan mengesankan. Di dalam sisi benteng, terdapat istana indah dengan halaman yang luas dan dinding yang penuh dengan ukiran bernilai seni tinggi. Keunikan Benteng Mehrangarh terekam dalam beberapa adegan film box office The Dark Knight Rises yang dirilis pada tahun 2012.
Benteng Mehrangarh
Benteng Mehrangarh

5. Akshardham
India terkenal memiliki banyak kompleks kuil Hindu yang cantik dan sakral. Salah satu kompleks kuil Hindu tercantik di India terdapat di kota Delhi. Akshardham namanya. Akshardham, juga dikenal dengan nama Delhi Akshardham atau Swaminarayan Akshardham, menjadi simbol dari kebudayaan, kerohanian, serta arsitektur Hindu dan India. Kuil Hindu di Delhi ini memiliki desain kompleks dengan banyaknya relief, atap, dan tiang-tiang kecil yang menjadi bagian dari kuil. Konon, kuil ini dibangun oleh 10.000 orang yang terdiri dari 7.000 pengrajin utama dan 3.000 sukarelawan.

6. Kuil Jain Ranakpur
Kuil Jain Ranakpur menjadi destinasi terfavorit ke-6 di India berkat desainnya yang unik. Tempat suci bagi kepercayaan Jainisme ini terbuat dari marmer berwarna cerah di atas lahan seluas 60 x 62 meter. Bagian bawah kuil ditopang oleh sekitar 1.444 tiang yang dihias dengan ukiran-ukiran indah. Tak ada satu tiangpun yang memiliki ukiran sama. Daya tarik lainnya dari Kuil Jain di Ranakpur adalah keberadaan patung-patung sakral yang saling berhadapan. Salah satu patung paling istimewa di kuil ini berbentuk 108 kepala ular dengan beberapa ekor buntut. Kepala dan badan patung ular dari marmer tersebut saling membelit hingga sulit menemukan pasangan kepala ular dan ekornya.
Kuil Jain Ranakpur
Kuil Jain Ranakpur

7. Benteng Agra
Di kota yang sama dengan Taj Mahal, terdapat tempat wisata menarik lainnya bernama Benteng Agra. Dari Taj Mahal, lokasi Benteng Agra hanya sekitar 2,5 km ke arah barat laut. Benteng Agra yang mengelilingi areal seluas 380.000 meter persegi memiliki 4 pintu gerbang utama. Delhi Gate dikenal sebagai pintu gerbang terbesar yang menghadap langsung ke kota. Sementara Lahore Gate atau Amar Singh Gate menjadi satu-satunya pintu masuk bagi wisatawan ke bagian dalam Benteng Agra di mana terdapat istana, paviliun, masjid, balkon, lapangan, dan berbagai jenis patung.

8. Kompleks Monumen Khajuraho
Sesuai dengan namanya, Kompleks Monumen Khajuraho merupakan sekumpulan kuil dan bangunan suci di kawasan Khajuraho, Madhya Pradesh, India. Kawasan ini disebut-sebut memiliki kompleks kuil Hindu dan Jain terbesar di India. Hampir sleuruh kuil dan bangunan di kompleks Monumen Khajuraho terbuat dari batu pasir yang direkatkan dengan tanggam dan duri. Satu hal yang membedakan kuil di Khajuraho dan kuil-kuil di kawasan India lainnya adalah reliefnya yang memiliki tema erotis.
Kuil di Khajuraho
Kuil di Khajuraho

9. Menara Qutub
Kalau Indonesia punya Monas dan Malaysia punya Menara Petronas, maka India punya Menara Qutub yang terletak di Delhi. Menara Qutub, juga dikenal sebagai Qutab Minar, Qutb Minar, atau Qutub Minar, merupakan menara tertinggi di India yang memiliki 374 tangga. Terbuat dari batu pasir merah dan marmer, Menara Qutub dihiasi dengan ukiran-ukiran rumit yang diambil dari ayat-ayat suci Al Qur’an. Uniknya, tiang penyangga besi pada Menara Qutub di Delhi berhiaskan prasasti Brahmi dalam bahasa Sanskerta.

10. Istana Kota Udaipur
Terakhir, objek wisata terpopuler di India adalah Istana Kota Udaipur. Berlokasi di tepi sungai Pichola di Udaipur, Rajahstan, Istana Udaipur dibangun oleh Maharaja Udai Singh pada tahun 1559. Istana Udaipur tampak semarak dan cemerlang dengan mengusung kombinasi desain khas Rajahstan dan Mughal. Dari kota Udaipur, Istana Udaipur membentuk pemandangan yang impresif karena terletak di atas bukit. Di malam hari, Istana yang pernah menjadi lokasi syuting film James Bond ini membentuk bayangan cantik berwarna keemasan yang terpantul di perairan sungai.
Istana Kota Udaipur

No comments:

Post a Comment