Monday, November 10, 2014

Aneka Makanan Khas Korea Selatan

Ini dia berbagai makanan khas korea ...





Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan,bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.



Bulgogi
Bulgogi adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.



Sundae
Sundae bukan es krim, tapi sosis asal Korea. Sundae terbuat dari usus babi yang diisi sayuran, soun, dan darah babi. Namun sekarang, mungkin sundae tidak lagi terbuat dari usus babi, tapi Anda masih bisa mendapatkan darahnya.
Anda dapat mencobanya di Gwangjang Market, 6-1 Yeji-dong, Jongno-gu, Seoul.
 




Tteokbokki
Mereka dulu dianggap masakan Kerajaan Korea, tapi saat ini, tteok, atau kue beras, ditemukan di sudut-sudut jalan di seluruh Seoul. Tteokbokki, hidangan kue beras berbentuk silinder disebut garaetteok. Kue-kue beras ketan dimasak dengan pasta cabai merah pedas dan kue ikan.
Anda dapat mencobanya di Hyojadong Old-Fashioned Tteokbokki, Tongin Market, Tongin-dong, Jongno-gu, Seoul.

Haemul Pajeon
Pancake gurih ini diisi dengan kombinasi makanan laut : kerang, udang, cumi, dan sebagainya. Ini adalah masakan lezat dan juga sering disajikan di restoran sebagai makanan pembuka.
Anda dapat mencobanya di Gongdeok Market, Gongdeok Station Exit 4, Gongdeok-dong, Mapo-gu, Seoul

Gimbap
Gimbap adalah makanan jajanan enak dan sering kali dijadikan teman perjalanan. Terbuat dari nasi putih yang dikukus, dan gim (rumput laut bejana kering), gimbap dapat memiliki beberapa macam isi. Vegetarian dapat bersukacita karena kebanyakkan pedagang kaki lima membuat gimbap sayuran dari bayam, ketimun, wortel, dan acar lobak.
Anda dapat mencobanya di 72-4, Insa-dong, Jongno-gu, Seoul.

Hatteok Baked
Hatteok Baked merupakan cemilan sederhana musin dingin yang memiliki cita rasa manis. Selama musim dingin Hotteok dibuat dengan adonan dari ketaN (lengket) tepung beras dan diisi dengan isian yang terbuat dari gula, kacang, kayu manis. 

Bungeoppang
Makanan ringan satu ini biasa dijual dimusim dingin tiba. Kue ini berbentuk ikan mas terbuat dari gandum dan tepung beras dilihat diseluruh jalan-jalan seoul dimusim dingin.

Bossam
Bossam adalah salah satu jenis ssam dalam masakan Korea berupa daging babi rebus yang dimakan setelah di atasnya diberi kimchi dan dibungkus dengan daun selada. Makanan ini juga dihidangkan bersama penyedap berupa saus (yangnyeom),ssamjang, bawang putih mentah, irisan bawang bombay, atau tiram segar. Bossam juga sering dimakan bersama saeujeot.

Samgyetang
Samgyetang adalah sup ayam ginseng masakan Korea. Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang.
Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam, dan kimchi yang disediakan di atas meja. Ayam sudah direbus hingga empuk hingga daging mudah lepas dari tulang. Kuah sup biasanya tidak semua diminum. Setelah daging ayam habis, nasi dimasukkan ke dalam sup.
Setelah isi perut ayam dikeluarkan, ke dalam perut ayam dimasukkan ketan yang sudah direndam sebelumnya dan ramuan tanaman obat yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan
Samgyetang adalah makanan tradisional yang bergizi di musim panas sehingga tubuh yang selalu berkeringat tidak menjadi lemas. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas: chobok, jungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun.

Kalguksu
Kalguksu ini merupakan makanan dengan bahan utama mie. Yang bikin beda itu karena mie nya dipotong-potong dengan pisau (Kal) menjadi potongan panjang, bukan dipintal.
Makanan ini bisa dimakan di semua musim. Kuahnya itu dibuat dari kaldu ikan teri, kerang-kerangan dan rumput laut. Bahan-bahan itu kemudian direbus. Selain mie dan kuah, juga ada tambahan seperti timun Jepang, daun bawang dan kentang. Biasanya diatasnya juga ditaburi beberapa bumbu sesuai selera. Jenis Kalguksu juga banyak. Ada yang memakai daging sapi, babi, gurita, kacang merah, ayam dan lain-lain. Pokoknya bisa dinikmati sesuai selera.


Japchae
Japchae adalah makanan Korea berupa sohun(dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. 

Gejang / Soy Sause Crap
Gejang atau gejeot adalah jenis, asin laut yang difermentasi dalam masakan Korea, yang dibuat oleh pengasinan yang segar dan mentah pada kepiting baik. atau dalam saus berbasis onchili merica bubuk.



Mandu
Mandu (만두) adalah jenis pangsit  yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Mandu adalah jenis masakan yang berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397). Pada saat ini mandu dimakan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal atau tahun baru Imlek.  Adonan mandu dibuat dengan cara dilipat untuk membuat kulit yang diisi berbagai macam bahan, antara lain daging, sayuran,jamur, tahu dan sebagainya.



Dakkochi
Makanan ini termasuk jajanan yang populer di Korea. Kalau melihat tampilannya, dakkochi itu seperti sate. Dibuat dari potongan daging dari ayam panggang. sering disajikan dengan saus, rasanya sedikit pedas dan gurih. Dimakan dengan panas-panas.



Gamja Dog
Menyadari kesulitan makan hot dog dan kentang goreng sambil berjalan, beberapa vendor cerdik menancapkan hot dog ke tongkat, mencelupkan dalam adonan, menutupinya dengan kentang goreng, dan menggorengnya. Hasilnya memuaskan.
kalian dapat mencobanya di Myeong-dong, Jung-gu, Seoul, South Korea



Kkultarae
Kkultarae yang dibaca ggool-ta-rae ini merupakan sajian manis yang dibuat dari madu yang sudah dipanaskan hingga 3 hari. Karena lamanya pemasakan, madu kemudian mengeras seperti batu. Nah, kkulturae dibuat dari madu tersebut yang ditarik-tarik seperti membuat mie, dengan tambahan tepung jagung agar tak menempel.
Salah satu daya tariknya kkultarae adalah pedagang membuatnya langsung di depan pembeli. Tak cuma sekedar dibuat, namun sang penjual melakukannya sambil bernyanyi dan mengeluaran kalimat-kalimat yang lucu. Kebanyakan pedagang kkulturae melakukannya dengan cara yang sama persis



Galbi
Galbi adalah masakan Korea berupa daging iga sapi panggang yang dipotong pendek-pendek. Dalam bahasa Korea, galbi berarti iga (short ribs) atau daging yang ada di sekitar tulang iga. Terkadang, makanan ini juga bisa dibuat dengan memakai iga babi. Galbi bisa dibumbui atau dimasak tanpa bumbu. Bila dibumbui, biasanya daging iga direndam di dalam saus yang terbuat dari sari buah pir asia, arak beras, kecap asin, bawang putih, minyak wijen, dan gula. Saus ini bisa dibuat lebih pedas atau lebih jernih sesuai selera.
Ketika dipanggang, daging iga biasanya diiris sepanjang tulangnya. Hal ini supaya saus tadi bisa meresap ke dalam daging dengan lebih cepat, daging bisa matang lebih cepat, dan daging bisa lebih mudah dikonsumsi dengan sumpit setelah matang.



Jjimdak
Jjimdak adalah makanan yang didalamnya terdapat potongan ayam berwarna coklat dengan kuah yang kental. Jjimdak menjadi favorit warga Korea saat musim panas.
Jjimdak terdiri dari ayam, cabai, jamur, wortel sayuran lainnya yang dipadu dengan kecap dan kaldu. Rasanya gurih dan pedas. Sesuai dengan selera kebanyakan orang Indonesia. Karena rasa pedasnya ini, jjimdak biasanya dimakan bersama dongchimi yakni kimchi yang terbuat dari lobak. Dongchimi digunakan untuk menetralisir rasa pedas yang mungkin bagi sebagian orang terlalu menyengat



.Bindaeddeok
Bindaeddeok adalah pancake yang terbuat dari kacang hijau sayuran, kalau di indonesia seperti bakwan cara pembuatannya juga sama yaitu tepung terigu dan sayuran dicampur bedanya bakwan menggunakan jagung tapi bindaeddeok menggunakan kacang hijau.

Naengmyeon
Naengmyeon adalah hidangan mie Korea panjang dan tipis mie buatan tangan yang terbuat dari tepung dan pati dari berbagai bahan. Naengmyun disajikan dalam mangkuk besar stainless dengan kaldu es tangy yukhoe ketimun, iris pir Korea.
Secara tradisional, mie panjang akan dimakan tanpa pemotongan, karena semuanya itu melambangkan panjang kehidupan dan kesehatan yang baik.


Dudu kimchi
Dudu kimchi adalah makanan yang dipasangkan dengan tahu dan kimchi bahan campurannya yaitu selai kacang, jelly, anggur dan keju daging  dan telur.


Sundudu Ddkukbaegi
Sundudu Ddkukbaegi atau dikenal sebagai sup pedas dengan ada tahu lembut.  Pedasnya kerang dengan lembutnya tahu benar-benar menjadi sangat cocok.


Meatstick
Meatstick adalah cemilan yang semua bahan keju bubuk, ditaburi dengan kacang untuk tekstur lalu dioleskan mayones. Tapi jangan terlalu sering dikonsumsi untuk alasan kesehatan.

No comments:

Post a Comment